-->

Destinasi Wisata di Sleman Terbaik Cocok untuk Liburan

Destinasi Wisata di Sleman Terbaik Cocok untuk Liburan
Traveling - Jogja memang sangat di kenal. Berbagai destinasi mulai sejarah,panorama serta kuliner banyak di kenal warga lokal maupun manca negara. Nah sesuai dengan topik kali ini saya akan mengulas destinasi wisata di Ngayogyakarta Khususnya daerah sleman. Tempat wisata ini sangat cocok di jadikan tempat liburan baik akhir pekan ataupun pas habis gajian,Hahaha..

Sleman adalah sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Magelang, Boyolali, dan Klaten) di utara dan timur, Kabupaten Gunung Kidul, Bantul, dan Kota Yogyakarta di selatan, serta Kabupaten Kulon Progo di barat.


Berikut adalah Tempat wisata yang ada di kabupaten sleman yang cocok untuk liburan keluarga.





  1. Candi Prambanan
    Candi Prambanan

    Candi Prambanan merupakan tempat wisata paling terkenal di Sleman, candi dengan kisah yang sangat melegenda di masyarakat yaitu Roro Jonggrang dan 1000 candi. Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta. Menurut legenda candi ini terbentuk karena kutukan seorang pangeran terhadap putri yang tidak menepati janjinya.

  2. Candi Sambisari
    Candi Sambisari

    Candi ini terletak di Desa Purwomartani, tepatnya di Dusun Sambisari. Di abad ke-11 candi ini tenggelam akibat erupsi dari Gunung Merapi. Nah bagi yang penasaran Candi ini mempunyai keunikan tersendiri, dimana bangunan candi didirikan jauh lebih rendah dari tanah yang ada di sekitarnya. Candi ini terdiri dari 1 bangunan induk dan 3 buah candi kecil di depannya.


  3. Monumen Jogja Kembali (MONJALI)
    Monumen Jogja Kembali

    Nah yang satu ini memang cocok bagi para pelajar, Dalam monumen ini memiliki banyak sekali sejarah pada masa kolonial Belanda khususnya, Sembari berwisata pengunjung bisa mengetahui lebih dalam sejarah kota istimewa ini. Monumen ini berada persis di tepi jalan Ringroad utara daerah ngaglik. Tarif masuk ditempat itu sebesar Rp 10.000 saja.


  4. The Lost World Castle
    The Lost World Castle

    Destinasi ini di bangun dengan dekorasi seperti kastil tua berada di Desa Kepuharjo, dekat lereng Gunung Merapi. Bangunan seluas 1,6 hektar ini memiliki 7 spot selfie seperti baju ala perang jaman Spartan, angel wings, paradise gate. Jika Anda berada di menara, Anda dapat melihat pemandangan indah ke selurah wahana yang ada di The Lost World Castle. Selain itu, Anda bisa menikmati pemandangan hijau yang membentang di kaki Gunung Merapi. Anda bisa mengajak keluarga, pasangan maupun teman untuk mengunjungi destinasi unik ini.


  5. Candi Ratu Boko
    Candi Ratu Boko

    Merupakan salah satu Candi Hindu yang berada di Sleman. Candi ini juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing, banyak bule yang tertarik karena arsitekturnya yang unik. Konon Candi Ratu Boko didirikan di masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Hal ini dapat dilihat di Prasasti Kalasan tahun 779 Masehi, Prasati Mantyasih 907 Masehi, dan Prasasti Wanua Tengah III tahun 908 Masehi Tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk orang dewasa.


  6. Candi Sari
    Candi Sari

    Candi Sari atau disebut juga Candi Bendah. Menurut perkiraan candi ini dibangun pada abad ke- 8 M, yaitu pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, bersamaan dengan masa pembangunan Candi Kalasan. Kedua candi tersebut memang memiliki banyak kemiripan, baik dari segi arsitektur maupun reliefnya. Keterkaitan kedua candi ini diterangkan dalam Prasasti Kalasan (700 Saka / 778 M) Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya pada hari minggu. Banyak masyarakat yang berkunjung bahkan para pelajar yang sedang melakukan studi wisata. Candi ini terletak di desa Gatak daerah Bokoharjo.


  7. Stonehenge
    Stonehenge

    Merupakan Objek Wisata di Sleman yang cukup menarik. Sebuah kumpulan batu berdiri yang membentuk formasi  aneh tapi luar biasa indah. Bentuk dan susunan batu di Stonehenge Cangkringan mirip dengan aslinya, lengkap dengan alas rumput hijaunya. kumpulan batu-batu ini diperkirakan sudah terbentuk ratusan tahun lamanya Masuk dan duduk di bagian dalam lingkaran tersebut akan jadi pengalaman yang berbeda.Terletak pada ketinggian di daerah Desa Petung kecamatan Cangkringan, kumpulan batu-batu ini diperkirakan sudah terbentuk ratusan tahun lamanya namun baru ditemukan akhir-akhir ini.


  8. Candi Ijo
    Candi Ijo

    Candi Ijo terletak di daerah Sambirejo dekat dengan Prambanan, memiliki ketinggian 375 mdpl menjadikan candi ini sebagai candi tertinggi yang ada di kota Yogyakarta. Kompleks Candi Ijo terdiri atas 17 struktur bangunan yang tersebar pada 11 teras. Teras paling atas merupakan teras yang paling suci. Terdapat Candi Induk dalam biliknya ada lingga-yoni, melambangkan Dewa Siwa menyatu dengan Dewi Parwati.Jika ingin melihat senja di sore hari Candi Ijo dapat dijadikan sebagai rekomendasi tempat yang tepat, karena cukup tinggi pemandangan sunset yang didapatkan pun cukup memuaskan mata yang melihat. Untuk bisa menikmati suasana candi ini Anda harus membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000.

Demikian ulasan seputar Tempat wisata kali ini semoga bermanfaat, Jangan lupa untuk selalu berbagi agar ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan bisa lebih berguna di kemudian hari. Nah Bagi sobat yang suka main ke pacitan dan ingin berwisata di sana bisa baca : 12 Wisata Pantai di Pacitan dengan Keindahan Mengagumkan.




0 Response to "Destinasi Wisata di Sleman Terbaik Cocok untuk Liburan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel