-->

Cara Lengkap Mengetahui Kepemilikan Blog

Cara Lengkap Mengetahui Kepemilikan Blog
Tutorial blogger -  Belakangan ini yang sering dilakukan banyak blogger yang pengen tau dan pengen cek website tersebut memakai IP berapa, sewa hosting dimana, berapa umur domain website tersebut dan lain sebagainya. apalagi kalau udah nemu website atau blog-blog besar yang cukup ramai dikunjungi orang, perasaan ingin tahu seketika itu juga muncul dan sulit sekali untuk dikendalikan.

Cek situs, cara cek website, cek hosting website, mengetahui pa, cek da, cek pr, cara cek alexa rank Adapun hal-hal yang paling sering orang lakukan saat cek website orang lain adalah seperti Page Rank (PR) Domain Authority (DA), Alexa Rank, IP website, Umur website, tempat website tersebut menyewa hosting, membeli domain, kecepatan website dan lain sebagainya.

Jika memungkinkan, dan tidak ada salahnya cari tahu siapa pemilik website tersebut, orang mana dia dan apa saja akun sosial medianya. Meskipun hal ini terlihat sangat sepele dan tidak wajar, tapi justru dari sinilah kita bisa banyak belajar. 

Selain belajar dari website yang rame tersebut, kita juga suka belajar dari pemilik websitenya secara langsung, baik melalui komunikasi sosial media atau dengan datang langsung ke rumahnya, jika memungkinkan.




Berikut ini saya berikan beberapa tips yang bisa sobat peraktekan langsung di blog.

Cek IP, DNS dan Umur Domain Untuk yang satu ini banyak blogger yang mempercayakan ke situs centralops.net. Tampilan situsnya sederhana dan memiliki fungsi yang cukup beragam dari mulai mengetahui IP website, DNS website, umur domain website tersebut bahkan layanan hosting atau VPS yang digunakan pun bisa langsung diketahui dengan mudah. Disamping itu, situs tersebut juga bisa menampilkan layanan yang digunakan oleh domain tersebut seperti web servernya, versi PHPnya, FTP, POP3, IMAP, SMTP dan SSL (HTTPS).

 Cukup lengkap bukan? Cek PR dan Alexa Rank Untuk cek website detail tentang Alexa dan Page Rank, bisa menggunakan cara paling praktis, yaitu melalui toolbar Open Seo Stats. Toolbar ini dapat diinstall di browser Google Chrome dan Mozilla. 

Toolbar ini juga dapat menampilkan kecepatan (loading) website, Keamanan situs, lokasi situs dan sebagainya. Penggunaan toolbar ini juga sangat mudah, setelah diinstall, tinggal diklik saja pada saat sobat membuka website yang ingin dikepoin. Hasilnya akan tampil dalam beberapa detik, tergantung kecepatan internet sobat.

 Mengetahui DA dan PA Mengetahui Domain Authority dan Page Authority juga penting bagi kita saat cek website orang lain. DA dan PA ini seperti acuan alternatif setelah Page Rank tidak di update google dari beberapa tahun yang lalu. Untuk cek DA dan PA, yang sering  digunakan Moz Toolbar. 

 Toolbar ini selain berguna untuk mengetahui DA dan PA juga bisa di gunakan untuk cek spam score serta status link keluar dari situs tersebut, apakah link keluarnya adalah link dofollow atau nofollow. Ini biasanya saya pertimbangkan saat ingin membuat backlink. 

Mengetahui Kecepatan Website (Loading Website) Mudahnya, bisa menggunakan situs GTmetrix dan Google Page Speed. Jika hasil (skor) website di situs tersebut bagus, dapat dipastikan speed websitenya juga bagus. Speed website ini penting untuk kenyamanan pengunjung saat berselancar di website kita.

Mengetahui Pemilik Website Cara mengetahui pemilik website banyak orang lakukan adalah dengan mengakses bagian contact di website tersebut. Biasanya dibagian itu terdapat informasi pemilik website, atau sobat bisa menanyakan langsung melalui formulir kontak yang disediakan. Cara lainnya adalah dengan memfollow akun sosial media yang ditempel pada blog tersebut.

 Cara yang terakhir ini terkadang membutuhkan kesabaran ekstra, karena biasanya akun sosial media yang dipajang di halaman blog merupakan akun sosial media blognya, bukan pemiliknya. Parahnya lagi, beberapa pemilik blog biasanya sangat malas untuk cek akun sosial media yang dikhususkan untuk blog mereka.


Cara diatas mungkin saja tidak bisa digunakan secara akurat, karena beberapa pemilik blog melakukan penyamaran identitas blog (website) mereka, baik secara disengaja maupun tidak disengaja. 

Misalnya, pemilik website menggunakan DNS Cloudflare, maka yang akan ditampilkan adalah IP dan DNS Cloudflare. Itu bukan berarti pemilik website menggunakan IP dan hosting dari cloudflare, karena cloudflare adalah salah satu Penyedia layanan Content Delivery Network (CDN).

Demikianlah beberapa Cara Lengkap Mengetahui Kepemilikan Blog  Belakangan ini yang sering dilakukan banyak blogger yang pengen tau dan pengen cek website tersebut memakai IP berapa, sewa hosting dimana, berapa umur domain website tersebut dan lain sebagainya.yang dapat saya sampaikan.

0 Response to "Cara Lengkap Mengetahui Kepemilikan Blog"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel